DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA GLOBALISASI

teknologi-informasi-ilustrasi-_120426200901-978Seiring perkembangan zaman, di era modern ini banyak yang mengalami perubahan. Diantaranya yang mengalami perubahan adalah Teknologi Informasi (TI). Teknologi sudah banyak dikenal kalangan masyarakat, dari yang muda hingga yang tua. Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk memproses , mendapatkan, menyusun,memperoleh, menyimpan dan memanipulasi data untuk mendapatkan informasi sebenarnya inovasi di ciptakan untuk memberikan manfaat dan membantu bagi kehidupan manusia memberikan banyak kemudahan bagi para penggunaya, namun demikian walaupun di ciptakan untuk manfaat positif tetap saja masih banyak sebagian menggunakan nya dalam hal negatiff, kini teknologi informasi berkembang begitu cepat seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan..

Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Macam-macam Teknologi Informasi (TI) di era globalisasi/modern diantaranya mesin cetak, pesawat telepon dan fotografi, hypertext, computer digital, jaringan komputer desentralisasi, email, internet.

Dengan berkembangnya teknologi informasi membawa dampak bagi masyarakat. Dampak tersebut dapat membawa pengaruh positif yang menguntungkan atau memudahkan urusan masyarakat. Diantaranya manfaat atau dampak positif dari kemajuan teknologi informasi adalah memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi, lebih cepat dalam mendapatkan informasi yang akurat dan yang terbaru saat ini melalui internet, masyarakat dapat berbelanja atau pun bisnis secara online lewat internet, memudahkan masayarakat untuk bertransaksi, dan lain sebagainya. Pada intinya manfaat yang didapat dari perkembangan teknologi informasi dapat memudahkan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat.

Selain dampak positif dari perkembangan teknologi informasi, ada juga dampak negatife yang perlu kita waspadai dan jika perlu untuk dihindari. Diantaranya dampak negatifnya adalah munculnya situs pornografi, merabahnya unsure penipuan, munculnya kejahatan yang merugikan orang lain seperti hacker.creakher, menjadikan masayarakat akan lupa waktu, dan lain sebagainya. Banyak orang saat ini kurang waspada dalam penggunaan teknologi sehingga banyak orang yang terjerumus ke dala hal yang negative deperti penipuan, membuka situs yang tidak diinginkan.

Perkembangan TI sekarang sudah sangat cepat seiring perkembangan ilmu pengetahuan. Sebenarnya dampak positif atau negatif yang timbul dapat di manipulasi dengan sikap masyarakat yang bisa menggunakan manfaat teknologi ini dengan baik. Walaupun banyak manfaat yang mendukung untuk mepermudah pekerjaan masyarakat, masyarakat juga harus memikirkan bagaimana etika dan norma cara penggunaan teknologi informasi, dengan cara mengetahui etka dan norma masyarakat diharapkan lebih mengerti batasan-batasan saat menggunakan teknologi informasi di zama era globalisasi ini, Masyarakat juga harus dituntut untuk bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik bukan untuk disalah gunakan seperti membajak, membuka situs yang seharusnya tidak diakses, penipuan. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi informasi harus digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendukung hal yang positif dalam kehidupan sehari-hari.

SUMBER

https://docs.google.com/document/d/17dvqv5nkejdHxhlbqKfHZ69pJ6FpqClwNoFADSzkOc0/edit?hl=en_US (diakses tanggal 21 Februari 2015, pukul 12.30)

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi (diakses tanggal 21 Februari 2015, pukul 12.37)

http://nastaui.blogspot.com/2013/01/dampak-perkembangan-teknologi-informasi.html (diakses tanggal 21 Februari 2015, pukul 12.40)

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*